Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

Berkreasi Spasial melalui Lomba Gambar Peta untuk Anak

Lomba Gambar Peta untuk Anak dapat menumbuhkan minat anak-anak dalam mengenal peta. Dengan mengenal peta maka anak-anak dapat mengasah kecerdasan spasialnya. Anak-anak memang perlu disediakan media untuk berkomunikasi dan mengekspresikan situasi dan kondisi lingkungan spasialnya dengan segala jenis saluran atau media yang ada, dalam hal ini melalui media peta sehingga diharapkan kecerdasan spasialnya dapat tumbuh dengan baik. Badan Informasi Geospasial (BIG) mengadakan Lomba Gambar Peta untuk Anak setiap tahunnya untuk memberikan pengetahuan mengenai peta, pemahaman peta, dan meningkatkan kecerdasan spasial anak sejak dini sekaligus meningkatkan ide dan kreativitas anak-anak terhadap peta itu sendiri. Kegiatan Lomba Gambar Peta untuk Anak sangat penting terutama dalam rangka untuk mengenalkan peta dengan cara yang menyenangkan dan bisa memicu kreativitas dan semangat kompetisi anak-anak.

Lomba Gambar Peta untuk Anak merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan oleh BIG, dengan pembagian pada tahun genap untuk lomba tingkat regional dan tahun ganjil untuk lomba tingkat internasional. Pada tahun genap, BIG akan memilih kota untuk dilaksanakan Lomba Gambar Peta untuk Anak. Para peserta diharapkan mendatangi lokasi tersebut untuk langsung mengikuti lomba gambar. Para pemenang akan diumumkan di hari yang sama dan karya pemenang lomba akan dipamerakan di situs resmi BIG.

Hal ini berbeda dengan pelaksanan di tahun ganjil, untuk tahun 2019 ini gambar pemenang utama sebanyak 6 (enam) akan dikirimkan ke Sekretariat International Cartographic Association (ICA) di Belanda dan selanjutnya diikutkan ke Lomba Gambar Peta tingkat internasional (Children’s Map Drawing Competition) guna memperebutkan Barbara Petchenik Award. Pada tahun ini akan diselenggarakan di Tokyo, Japan pada Kongres ICA yang ke 29 tanggal 15 – 20 Juli 2019. Barbara Petchenik Award adalah kompetisi menggambar peta dua tahunan untuk anak-anak. Ini dibuat oleh Asosiasi Kartografi Internasional/International Cartographic Assiciation (ICA) pada tahun 1993 sebagai peringatan untuk Barbara Petchenik, Wakil Presiden ICA dan kartografer yang memiliki minat terhadap peta untuk anak-anak. Tujuan dari kompetisi ini adalah untuk mempromosikan representasi kreatif dunia dalam bentuk grafik oleh anak-anak. Peserta kompetisi ini adalah semua Negara yang berpartisipasi menjadi anggota ICA. Karya para pemenang kompetisi bisa dilihat dengan mengunjungi Carleton University Library.