Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

16 Jabatan Fungsional Surveyor Pemetaan Dilantik Hari Ini

Kepala Badan Informasi Geospasial Profesor Hasanudin Zainal Abidin, hari ini (7/5) melantik dan mengambil sumpah 16 Jabatan Fungsional Surveyor Pemetaan di Lingkungan Badan Informasi Geospasial (BIG). Keenambelas Aparatur Sipil Negara (ASN) yang baru dilantik tersebut dituntut untuk berpikir secara kreatif dan inovatif dalam menyelesaikan berbagai output sesuai jabatan masing-masing.

Pelantikan ini merupakan langkah strategis dalam rangka penataan kelembagaan dan alih tugas serta penyegaran dalam suatu sistem penyelenggaraan tugas-tugas pemerintahan dan pembangunan. Pelantikan ini mengisi jabatan fungsional yang telah ditentukan berdasarkan peta jabatan, analisis jabatan, dan analisis beban kerja sehingga BIG dapat menjadi organisasi yang kaya dengan fungsi tidak hanya sekadar jabatan berdasarkan struktur saja sebagaimana menjadi tuntutan lembaga pemerintahan pada era reformasi ini.

Dalam sambutannya tersebut, Hasanudin  mengamanatkan agar ASN memaknai reformasi birokrasi sebagai gerakan perubahan untuk menghapus kesan negatif birokrasi di masyarakat. Diakui oleh Hasanudin, birokrasi di Indonesia masih memiliki stigma negatif di mata masyarakat.

Oleh karena itu, ASN diharapkan untuk mengembangkan kompetensi keilmuan, skill, dan karakter terutama setelah lahirnya UU no. 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara yang membuat karir PNS menjadi zona yang kompetitif.

                “Pelantikan ini merupakan sebuah bentuk kepercayaan dari segenap pimpinan dan seluruh elemen lembaga ini yang lahri dari kompetensi yang telah dipenuhi saudara. Oleh karena itu, kepercayaan yang telah diberikan ini harap diwujudkan dengan kinerja yang optimal dan mampu menjadi agen perubahan menuju BIG yang lebih baik di kemudian hari,” pesan Hasanudin.