Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

BIG kembali Teken Kerja Sama dengan 4 Pemerintah Kabupaten

Dalam rangka percepatan pembangunan di daerah, Badan Informasi Geospasial (BIG) bersama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Sarolangun, Kabupaten Saburajuai, Kabupaten Pesisir Barat dam Kabupaten Pemalang menandatangani Perjanjian Kerjasama (PKS). Pelaksanaan penandatanganan dilakukan di Kantor BIG Cibinong pada Jum’at 9 Agustus 2019. Kegiatan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama ini adalah implementasi dari MoU yang ditanda-tangani sebelumnya. Penandatanganan PKS dilakukan oleh Kepala Pusat Penelitian Promosi dan Kerja Sama, Wiwin Ambarwulan bersama dengan Pemerintah Daerah diantaranya, Kabupaten Sarolangun diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sarolangun, Thabroni Rozali; Asisten I Bidang Administrasi dan Pemerintahan Kabupaten Pesisir Barat, Hasnul Abrar mewakili Kabupaten Pesisir Barat; Kabupaten Pemalang, diwakili oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa, Tutuko Raharjo serta Kabupaten Sabu Raijua diwakili oleh Kepala Bagian Administrasi Perekonomian, Viktor D.H Radamuri.

PKS BIG dengan Kabupaten Sarolangun tentang Deliniasi secara Kartometrik Batas Desa di Kabupaten Sarolangun, BIG-Kabupaten Pesisir Barat tentang Survei Pengukuran GCP dan Penyusunan Citra Satelit Tegak di Wilayah Kabupaten Pesisir Barat. Kerjasama BIG-Kabupaten Pemalang tentang Survei dan Penyusunan GCP Citra Satelit untuk Peta Desa serta PKS BIG-Kabupaten Sabu Raijua tentang Penyusunan Neraca Sumberdaya Hutan Spasial Kabupaten Sabu Raijua NTT.

Pada sambutanya Plt Sekretaris Utama BIG, Wiwin Ambarwulan yang juga sebagai Kepala Pusat Penelitian Promosi dan Kerja sama mengatakan Perjanjian Kerja Sama ini merupakan implementasi dari MoU yang telah di tanda-tangani sebelumnya. Terima kasih atas kepercayaan Pemerintah Daerah kepada BIG untuk menindaklanjuti Kesepahaman Bersama. Untuk pelaksanaan kegiatan dukungan Pemerintah Daerah  sangat dibutuhkan dalam pelaksanaan kegiatan di lapangan, dengan dukungan daerah kegiatan dapat berjalan dengan lancar, tandas Wiwin Ambarwulan. Untuk kelancaran kegiatan dan kesinambungan pengolahan data IG, selain infrastruktur IG seperti Hardware dan software yang juga sangat penting adalah penyiapan SDM IG, untuk itu Wiwin mengusulkan pada Pemerintah Daerah untuk memberikan pelatihan IG bagi staf Pemerintah Daerah. Wiwin mengundang kepada Pemerintah Daerah agar mengirim staf untuk peningkatan kapasitas SDM IG daerah, untuk itu Wiwin menawarkan diklat dengan anggaran BIG untuk para aparatur sipil daerah.

Selain itu Wiwin menjelaskan juga program kegiatan BIG, diantaranya untuk pemetaan skala besar seperti skala 1 : 5.000 BIG baru memetakan 5% dari seluruh wilayah Indonesia. Untuk percepatan pemetaan skala besar agar pemerintah daerah juga dapat berkontribusi dalam penyelenggaraan informasi geospasial  tersebut. Data dan informasi geospasial skala besar dapat untuk memetakan batas desa, RDTR/RDTK dan basis data untuk Sistem informasi Desa. Program Pemerinah lainnya, Kebijakan Satu Peta(KSP) dengan di koordinasikan Kementerian Perekonomian untuk seluruh Indonesia telah selesai pada skala 1 : 50.000.  Sebelum KSP dahulu sumberdata atau IG menggunakan referensi yang beragam sehingga menyulitkan dalam analisa untuk kebijakan. Harapan kedepan semoga kerjasama ini dapat berjalan dengan baik dan lancar serta hasilnya dapat digunakan dalam rangka percepatan pembangunan daerah.

Sementara itu sambutan dari Kepala Daerah Kabupaten Sarolangun, Provinsi Jambi yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sarolangun Thabroni Rozali mengatakan, Terima kasih pada BIG yang menginisiasi dan menindaklanjuti MoU yang telah ditanda-tangani. Kegiatan kerjasama ini adalah pemetaan batas desa untuk 28 segmen. Hasil dari kegiatan ini dapat dimanfaatkan untuk percepatan pembangunan dan inventarisir sumberdaya wilayah Kabupaten Sarolangun. Dilanjutkan dengan sambutan dari Kabupaten Pesisir Barat Provinsi Lampung, yang diwakili oleh Asisten 1 Bidang Pemerintahan Kabupaten Pesisir Barat, Hasrul Abror yang sekaligus juga sebagai Pejabat Pembuat Komitmen Setda Kabupaten Pesisir Barat. Pada sambutannya Hasrul mengatakan, kegiatan ini merupakan kerjasama tahun ke 2 dengan BIG. Tahun ini kerjasama tentang Survei pengukuran ground control point (GCP) dan penyusunan Citra Satelit Tegak di wilayah Kabupaten Pesisir Barat. Hasil dari kegiatan ini adalah untuk pemetaan batas desa untuk 3 Kecamatan tersisa dari kegiatan tahun yang lalu.

Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Kabupaten Pemalang yang diwakili oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Pemalang, Tutuko Raharjo. Menurut Tutuko Kabupaten Pemalang adalah titik tengah Pulau Jawa. Terima kasih pada BIG bersama Kabupaten Pemalang yang telah menindaklanjuti MoU yang telah ditanda-tangani sebelumnya. PKS ini adalah tentang Survei GCP untuk Pemetaan batas Desa.  Dan terakhir adalah penandatanganan PKS antara BIG dengan Kabupaten Sabu Raijua Provinsi Nusa Tenggara Timur, yang diwakili oleh Kepala Bagian Administrasi Perekonomian Setda Kabupaten NTT, Viktor D.H. Radamuri.