Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

Empat Pejabat Baru Dilantik di Lingkungan BIG

Cibinong, Berita Geospasial – Jumat, 5 April 2019 Kepala Badan Informasi Geospasial (BIG) Prof. Hasanudin Zainal Abidin melantik Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama serta Pejabat Administrator dan Pengawas di lingkungan BIG. Acara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan diselenggarakan di Aula Gedung S Badan Informasi Geospasial.

Pejabat yang dilantik pertama adalah Habib Subagio yang dilantik dalam jabatan baru sebagai Inspektur BIG menggantikan posisi Sugeng Priyadi. Selain itu dilantik juga Pejabat Administrator Diah Retno Minarni sebagai Kepala Bidang Pemetaan Dinamika Sumber Daya. Kemudian dilantik sejumlah Pejabat Pengawas yaitu Noor Asyhadi sebagai Kepala Sub Bagian Penyusunan Program dan Anggaran serta Danan Setyo Nugroho sebagai Kepala Sub Bagian Evaluasi dan Pelaporan.

“Pelantikan ini hanya sebagai ceremony saja, yang paling penting saat menjalankan tugasnya. Setiap masa ada pemimpin dan setiap pemimpin ada masanya. Di BIG pertimbangan utama perubahan tersebut adalah kebutuhan organisasi, agar setiap pergantian posisi bersifat adil memperhatikan integritas dan kerja sama. Seseorang tidak boleh terlalu lama dalam menjabat, maksimal 5 tahun. Walaupun masih banyak yang lebih dari itu, pelan-pelan harus mulai diperbaiki.” tegas Hasan saat sambutan membuka acara pelantikan empat pejabat baru di Lingkungan BIG.

 

Pesan yang disampaikan untuk Inspektur BIG yang baru mempimpin sebuah unit pengawasan, maka wajib paham bisnis proses di BIG agar mudah menjalankan tugas dan fungsinya. Selanjutnya tetap menjaga hubungan baik dengan pihak eksternal, juga menjunjung aspek kepatutan dan aturan yang berlaku.

Untuk Kepala Dinamika Sumber Daya, Prof. Hasan berpesan agar meneruskan program/kegiatan yang telah dirintis pejabat sebelumnya. Kedepan, faktor analisis dinamika spasial penting untuk menjadikan IG bagian dari decision making system karena ini akan membuat IG semakin bermakna dalam pembangunan. Untuk kedua Kepala Sub Bagian di lingkungan Biro PHK, dapat membantu Kepala Biro PHK dalam mengawal implementasi hasil Rakornas IG tahun 2019 agar dapat terselenggara dengan baik sampai tahun 2024.

Dalam acara tersebut, hasan juga turut memberikan selamat kepada pejabat yang nempati jabatan baru. Semoga dapat memberikan suri tauladan yang baik, inovatif, responsif terhadap perubahan, futuristik dan mampu mengelola sumber daya yang ada secara optimal. Dan semoga Badan Infromasi Geospasial menjadi lebih baik serta bermanfaat untuk bangsa dan negara ini. (KI)