Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

Tandatangani MoU dan Perjanjian Kerja Sama dengan BIG, Kabupaten Kulon Progo Awali Pembangunan Simpul Jaringan

Berita Geospasial, Cibinong - Meski sudah dipenghujung tahun, tetapi tak menyurutkan semangat BIG untuk mewujudkan penyelenggaraan informasi geospasial, salah satunya dengan membentu pemerintah daerah dalam membangun simpul jaringan. Hal ini ditunjukkan dengan dilaksanakannya Penandatanganan Kerja Sama antara BIG dengan Pemerintah Kabupaten Kulon Progo pada 29 Desember 2017 di Kantor Badan Informasi Geospasial, Cibinong. Adapun MoU yang ditandatangani adalah MoU tentang “Pengembangan dan Pemanfaatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Informasi Geospasial. Sedangkan Perjanjian Kerja Sama yang ditandatangani adalah Perjanjian Kerja Sama tentang “Penyelenggaraan, Pengembangan dan Pemanfaatan Data dan Informasi Geospasial serta Penyelenggaraan Simpul Jaringan Informasi Geospasial di Kabupaten Kulon Progo”. Pada acara ini dari BIG hadir Sekretaris Utama BIG, Dra. Titiek Suparwati; Kepala Pusat Penelitian, Promosi dan Kerja Sama BIG, Dr. Ir. Wiwin Ambarwulan, M.Sc.; Kepada Bidang Promosi dan Kerja Sama BIG, Ir. Sri Lestari Munajati, M.Agr.; dan Kepala Balai Diklat Geospasial, Dadang Arifin. Sedangkan dari BIG hadir Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Kabupaten Kulon Progo, Ir. Sukoco, MM.; Kepala Bidang Hukum Kabupan Kulon Progo, Budi Setiawan; dan Kepala Bidang Pengaturan dan Pembinaan Tata Ruang Kabupaten Kulonprogo,Langgeng Raharjo.

“Kami mengucapkan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada BIG yang berkenan menerima Kabupaten Kulon Progo”, jelas Ir. Sukoco, MM mengawali sambutannya. Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Kabupaten Kulon Progo sendiri merupakan dinas baru dan baru berdiri satu tahun. “Di Kabupaten Kulon Progo sedang dibangun bandara dan pembangunan ini banyak mempengaruhi perilaku masyarakat di Kabupaten Kulon Progo. Untuk itu, kami perlu menyusun Rencana Detail Tata Ruang dengan benar. Untuk itu kami akan sering sekali datang ke BIG terkait penyusunan RDTR ini.” Jelas Ir. Sukoco, MM.

“Berkaitan dengan penyusunan RDTR, tentunya BIG selalu siap membantu sesuai dengan tugas dan fungsi BIG, dan memang adanya pembangunan bandara ini tentunya membutuhkan RDTR untuk mengaturnya” jelas Dra. Titiek Suparwati yang pada hari ini berkenan hadir memberikan arahannya. Titiek juga menjelaskan bahwa di tahun 2017 ini juga sudah pernah dilakukan Launching Peta Lahan Sawah Berigasi. Kemudian juga untuk wilayah Kabupaten Kulon Progo sudah tersedia Citra Satelit Tegak Resolusi Tinggi yang bisa dimanfaatkan oleh Kabupaten Kulon Progo. Pada tahun 2017 ini BIG juga sudah melakukan Delineasi Batas Desa untuk Kabupaten Kulon Progo. “Dengan adanya simpul jaringan ini, data dan informasi geospasial dapat diintegrasikan ke dalam simpul jaringan tersebut, jelas Titiek. ”Selamat Tahun Baru, semoga ditahun depan kita bisa berkarya dengan lebih baik lagi” tandas Titiek mengakhiri sambutannya.

Acara ini kemudian dilanjutkan dengan Penandatangan Kesepahaman Bersama yang dilakukan oleh Sekretaris Utama BIG dan Bupati Kulon Progo yang diwakili oleh Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang. Kemudian dilanjutkan dengan Penandatangan Perjanjian Kerja Sama oleh Kepala Pusat Penelitian, Promosi dan Kerja Sama BIG dengan Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang. Acara ini kemudian diakhiri dengan penyerahan cinderamata antara kedua belah pihak dan foto bersama. (ES)