Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

BIG Adakan Workshop Penyusunan Titik Peta Tematik Sebaran Industri

Cibinong, Berita Geospasial - Rabu 8 Agustus 2018, Badan Informasi Geospasial selenggarakan Workshop Penyusunan Titik Peta Tematik Sebaran Industri Skala 1:50.000 di Balai Diklat Geospasial BIG di Cibinong Bogor.  Workshop yang diikuti oleh 12 orang peserta dari Kementerian Perindustrian ini merupakan tindak lanjut kerja sama BIG dengan Kementerian Perindustrian tentang pemetaan sebaran industri lahap energi di berbagai lokasi di Indonesia.

Willem Petrus Riwu, Kepala Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kementerian Perindustrian dalam sambutannya mengatakan bahwa acara ini diadakan agar pegawai Kementerian Perindustrian belajar peta tematik khususnya terkait perindustrian.

“Ini karena tren sekarang ini, di jaman serba digital ini.  Di dalam UU No. 3 Tahun 2013 tentang Sistem Informasi Industri Nasional, menyebutkan bahwa informasi tentang industri semaksimal mungkin bisa diakses. Oleh karena itu, informasi yang ditampilkan harus akurat, lengkap dan tepat waktu. Itu bisa dioptimalkan dengan adanya informasi geospasial (IG)”, ungkap Willem.

Sementara itu, Kepala Pusat Penelitian, Promosi dan Kerja Sama (PPKS) BIG, Wiwin Ambarwulan, menyebutkan bahwa pertengahan Agustus 2018 ini, Presiden Jokowi akan melakukan Launching Geoportal Kebijakan Satu Peta (KSP). Kementerian/ Lembaga (K/L) yang mau membuat peta tematik harus mereferensi pada IG dasar dari BIG. Ini semua supaya bisa dioverlaykan serta tidak terjadi tumpang tindih data.

Acara pembukaan workshop ini diakhiri dengan foto bersama.  Peserta akan menjalani workshop yang akan berlangsung selama 3 hari (8-10 Agustus 2018) dengan belajar tentang bagaimana penentuan posisi dengan GPS, pengenalan perangkat lunak QGIS, pemasukan data geospasial dan penyusunan peta distribusi industri. [ATM/TR]