Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

‘Jamu, Jati, dan Kendi’ di Halal Bi Halal Idul Fitri BIG

Cibinong, Berita Geospasial - Tak terasa satu bulan sudah seluruh umat muslim menjalani Ibadah Puasa Ramadhan Tahun 2018 M/1439 H.   Dalam rangkaian perayaan Hari Raya Idul Fitri 1439 H,  Keluarga Besar Badan Informasi Geospasial mengadakan kegiatan Halal Bi Halal kegiatan yang dilaksanakan di halaman Gedung Utama BIG Kamis (21/06) ini. Kegiatan ini bertujuan untuk mempererat rasa kekeluargaan dan silaturahim antara para pimpinan dan seluruh staf di Badan Informasi Geospasial.

Kepala BIG Hasanuddin Z. Abidin, mengatakan bahwa dari Bulan Ramadhan kita dapat memetik berbagai hikmah, setidaknya ada tiga hikmah utama yang dapat kita aplikasikan di dalam kehidupan kita sehari-hari. Pertama sebagai seorang insan manusia kita diharapkan untuk menjaga lisan kita, terutama apabila lisan kita dipergunakan untuk hal-hal yang kurang baik. Menjaga lisan atau menjaga mulut bisa diistilahkan “Jamu”. “Di jaman yang serba modern ini, semua perbuatan kita pasti meninggalkan bekas atau jejak tidak hanya komunikasi lisan secara langsung, akan tetapi komunikasi melalui media sosial, sebaiknya kita gunakan media komunikasi baik lisan maupun digital secara arif dan bijaksana apalagi kita adalah seorang Aparatur Sipil Negara” ungkap Hasanuddin.

Hal kedua yang perlu kita ambil dari hikmah ramadhan adalah kita harus bisa untuk menjadi insan manusia yang “Jati” atau senantiasa menjaga hatinya dari rasa berburuk sangka, iri hati dan dengki, yang dapat membuat kita menjadi manusia yang jauh dari keberkahan Tuhan.

Terakhir, pesan Hasanuddin adalah bahwa “Kendi” yaitu mengendalikan diri.  Kendi diperlukan oleh manusia agar kita dapat mengontrol hati dan pikiran kita sehingga hidup kita akan lebih aman dengan mensyukuri nikmat yang telah kita dapatkan.

Turut hadir juga dalam acara Halal Bi Halal Idul Fitri 1439 H adalah Dharma Wanita Persatuan BIG dan Paguyuban Purnabhakti Bakosurtanal/BIG.  Acara Halal Bi Halal ini ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Ketua DKM Al Idrisi BIG Enjang Faridl, dan dilanjutkan dengan saling bersalaman untuk saling minta maaf dan memaafkan antara pimpinan dan karyawan Badan Informasi Geospasial. [AR/TR]