Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

Jurnalisme Online Suatu Kebutuhan tak Terbantahkan

Cibinong, Berita Geospasial – Tidak bisa dipungkiri perkembangan informasi dan teknologi yang semakin pesat dan cepat menuntut para Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk mampu menguasai hal tersebut dengan baik dan efektif.

Menghadapi fenomena tersebut Badan Informasi Geospasial (BIG) bersama Metrotvnews.com (Media Group) mengadakan Pelatihan Jurnalistik Online  Kamis (20/09), Bertempat di Gedung C Pusat Penelitian Promosi Kerjasama (PPKS) pelatihan ini dihadiri kurang lebih 40 pegawai ASN dan Non ASN dilingkungan Badan Informasi Geospasial.

Hadir dalam kegiatan ini Kepala Pusat PPKS Dr Ir Wiwin Ambarwulan M.Sc, dalam sambutannya wiwin mengatakan pelatihan ini merupakan upaya lanjutan dalam peningkatan SDM di lingkungan BIG.

“Jurnalis saat ini terbagi menjadi tiga generasi, jurnalis media cetak konvensional, jurnalis elektronik hingga sekarang ada jurnalis online, kita harus mampu mengikuti perkembangan tersebut salah satunya dengan terus berlatih” Papar Wiwin.

Sementara itu Redaktur Pelaksana Metrotvnews.com Sjaicul Anwar yang hadir sebagai pemateri pelatihan mengungkapkan bahwa kemampuan penulisan dalam dunia jurnalistik online sangatlah diperlukan karena sifat dari berita online itu sendiri yang dinamis dan cepat berubah.

“Sifat dari penulisan jurnalistik di dunia online itu arus informasinya sangat cepat sehingga untuk menulis di dunia berita online diperlukan ilmu tertentu agar hasilnya terlihat baik dan menarik” ujar pria yang akrab disapa icul ini.

Pelatihan yang diadakan sejak pukul sembilan pagi, membahas berbagai materi seperti dasar jurnalistik, sudut pandang jurnalistik hingga tata cara penulisan jurnalistik, disela kegiatan pelatihan juga disertai dengan diskusi menarik antara pemateri dan peserta.

Diharapkan dengan adanya pelatihan penulisan jurnalistik online ini para pegawai di lingkungan BIG, mampu menyajikan informasi kedalam tulisan, tidak hanya melalui media konvensional seperti jurnal ilmiah namun juga melalui media online. (/AR)