Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

Lestarikan Gumuk Pasir, Yuk Jalan Sehat

 

Parangtritis, Berita Geospasial - Badan Informasi Geospasial (BIG) menggelar Festival Sand Dunes Museum in Harmony pada 28 September 2018 di Parangtritis Geomaritime Science Park (PGSP). Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka ulang tahun PGSP yang ke-3, sekaligus rangkaian kegiatan ulang tahun BIG yang ke-49.

Jalan sehat dengan rute PGSP - Gumuk Pasir Parangtritis - PGSP menjadi salah satu acara dalam gelaran festival gumuk pasir tahun ini. Acara dibuka langsung oleh Kepala BIG, Hasanuddin Zainal Abidin. Beliau mengucapkan terima kasih kepada para peserta yang telah ikut serta dalam kegiatan jalan sehat ini. Beliau juga mengundang para peserta untuk hadir dalam acara puncak festival di malam hari.

 

Hadir dan ikut serta dalam kegiatan jalan sehat tersebut, Dekan Fakultas Geografi Universitas Gadjah Mada, Prof. Dr. Muh Aris Marfai, S.Si., M.Sc., Ketua Umum Badan Musyawarah Musea (Barahmus) Daerah Istimewa Yogyakarta, Ki Bambang Widodo, S.Pd., M.Pd., Kepala Pusat Penelitian, Promosi dan Kerja Sama, Wiwin Ambarwulan, Kepala Biro Umum dan Keuangan, Ali Nor Hidayat, perwakilan Pemerintah Kabupaten Bantul, serta perwakilan dari BIG.

Ki Bambang Widodo dalam sambutannya berharap agar museum gumuk pasir semakin berkembang untuk menambah wawasan anak bangsa tentang gumuk pasir. "Gumuk pasir pantas dikagumi karena panoramanya yang indah. Di dunia hanya ada dua gumuk pasir yaitu di Indonesia dan di Meksiko. Kiranya perlu dikembangkan sentuhan seni pada pasir-pasir yang ada di gumuk, misalnya dibuat patung. Sehingga bisa menggugah minat pengunjung museum untuk datang", ucap Ki Bambang Widodo dalam sambutannya.

Dengan adanya kegiatan jalan sehat ini, masyarakat Parangtritis dan sekitarnya diharapkan bisa membantu melestarikan gumuk pasir.