Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

Mahasiwa Universitas Pancasila Ditantang Mengembangkan Aplikasi Mobile SIG Multirawan Bencana

(Cibinong, Berita Geospasial) Selasa, 9 April 2019, BIG menerima kunjungan Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Pancasila Jakarta. Kunjungan ini diadakan sebagai upaya yang dilakukan BIG untuk mengenalkan lebih jauh kepada pihak luar terutama akademisi. Acaranya sendiri diadakan di Ruang Rapat Pusat PPKS BIG di Cibinong Kab. Bogor.

Mengawali acara, Ionia Veritawati sebagai Ketua Prodi Teknik Informatika Universitas Pancasila menyebutkan bahwa mahasiswa Teknik Informatika ini sedang kuliah GIS dan IT business. Untuk itu kami datang ke BIG untuk belajar tentang IG terutama tentang development aplikasi mapping di GIS.

Sebagai tuan rumah, Kepala Bidang Promosi dan Kerja Sama BIG, Sri Lestari Munajati dalam sambutan penerimaannya menyebutkan bahwa BIG terbuka untuk menerima kunjungan dari mana saja yang tertarik untuk belajar IG.

Lestari kemudian menyerahkan cindera mata berupa peta NKRI serta sejumlah produk BIG kepada Ionia Veritawati. Tradisi ini biasa dilakukan kepada hampir setiap pengunjung yang bertandang ke BIG.

Acara dilanjutkan dengan penjelasan tentang profil BIG oleh Dian Ardiansyah dari Bidang Promosi dan Kerjasama BIG. Disebutkan bahwa BIG merupakan Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) yang berdasarkan UU no. 4 Tahun 2011 menjadi penyelenggara IG di Indonesia.

Masuk ke acara inti, Davin Aristomo dari Pusat PRT BIG menjelaskan tentang pekerjaan utama BIG yakni melaksanakan pemetaan dasar. Pembicara kedua Yosef Prihanto dari Bidang Penelitian BIG yang menjelaskan Pengenalan SIG. Yosef dalam presentasinya menantang mahasiswa teknik informatika Universitas Pancasila untuk mengembangkan aplikasi mobile tentang SIG Multirawan Bencana. Terakhir, Muhammad dari Pusat PPIG menjelaskan tentang berbagi pakai IG. (ATM)