Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

Nama BIG Masih Belum Dikenal Masyarakat Yogyakarta

Yogyakarta, Berita Geospasial – Dalam rangkaian kegiatan Survei Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dan Awareness Tahun 2019, Badan Informasi Geospasial (BIG) melakukan penyebaran kuesioner kepada responden yang berada di wilayah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta pada tanggal 2 – 5 Juli 2019. Sebelumnya BIG sudah melaksanakan Bimbingan Teknis untuk para surveyor pada 1 Juli 2019 lalu.

Penyebaran kuesioner dilakukan untuk dua kegiatan survei, yaitu Survei IKM dan Survei Awareness. Untuk Survei IKM penyebaran kuesionernya dilaksanakan oleh Tim BIG dengan menyasar responden yang pernah menggunakan layanan BIG, baik layanan jasa maupun layanan produk. Survei ini bertujuan untuk mengukur seberapa besar kepuasan masyarakat setelah menggunakan layanan BIG.

Sedangkan penyebaran kuesioner Survei Awareness dilaksanakan oleh tim gabungan dari mahasiswa/i Universitas Gadjah Mada (UGM) dan mahasiswa/i Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY). Tujuan dari survei ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan masyarakat mengenai BIG dan layanannya

Pekerja formal, pekerja informal, mahasiswa non kebumian, pelajar SMA dan masyarakat umum menjadi respondennya. Lokasi penyebaran pun beragam mulai dari lingkungan kampus UGM, UTY dan Universitas Sanata Dharma, sekitar Gembira Loka, Kaliurang, Godean serta wilayah lainnya.

Sebanyak 19 kuesioner Survei IKM dan 100 kuesioner Survei Awareness berhasil diselesaikan dalam pelaksanaan survei di Kota Gudeg ini. Mayoritas responden masih kurang familiar dengan nama BIG. Menariknya, ketika surveyor menyebutkan nama Bakosurtanal, responden sudah tidak asing dengan nama tersebut.

Dedi Hartono, salah satu surveyor yang berasal dari UTY mengatakan bahwa beberapa responden belum mengetahui tentang BIG atau Geospasial. “Mereka belum tau BIG, namun mereka tahu apa itu peta”, ujar Dedi.

Kegiatan penyebaran kuesioner ditutup dengan closing meeting. Dalam pertemuan tersebut dilakukan penyerahan kuesioner yang sudah terisi dari Tim Surveyor ke Tim BIG, verifikasi pengisian kuesioner oleh Tim BIG, serta penyerahan sertifikat keikutsertaan sebagai surveyor kepada Tim Surveyor.

Salah satu surveyor yang berasal dari UGM, Laras Bika, mengucapkan terima kasih atas kesempatannya untuk ikut serta dalam kegiatan survei ini. Sementara itu, Norvi Handayati, selaku perwakilan dari Tim BIG, mengucapkan terima kasih atas bantuan dari para mahasiswa UGM dan UTY sehingga kegiatan survei bisa selesai tepat waktu.

“Atas nama BIG, kami mengucapkan terima kasih karena telah dibantu menyelesaikan penyebaran kuesioner di Yogya. Semoga keikutsertaan teman-teman dalam survei bisa menjadi pengalaman berharga. Dan semoga dengan adanya kegiatan ini BIG bisa semakin dikenal oleh masyarakat.” (NH/LR)