Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

Pameran Teknologi dan Peralatan Survei Pemetaan Meriahkan Peluncuran Prodi Teknik Geomatika Unitomo

 

Surabaya, Berita Geospasial – Di era pembangunan berkelanjutan, data dan informasi geospasial menjadi penting sebagai salah satu komponen utamanya. Program studi teknik geomatika menjadi salah satu sarana yang menghasilkan lulusan yang ahli di bidang geospasial. Maka dari itu, Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) membuka program studi teknik geomatika pada hari Rabu, tanggal 3 Juli 2019. Dengan menghadirkan Kepala BIG, Hasanuddin Zainal Abidin, acara berlangsung di Auditorium Ki. H. Moh. Saleh, Unitomo, Surabaya.

Rangkaian acara terdiri atas beberapa kegiatan salah satunya adalah pemeran teknologi dan peralatan survei pemetaan. Mengingat program studi teknik geomatika merupakan program studi yang mempelajari pemetaan permukaan bumi dengan menggunakan perangkat informatika sebagai alatnya. Prodi teknik geomatka mencetak mahasiswa untuk menjadi surveyor di berbagai bidang seperti pembangunan infrastruktur, kadaster, pertambangan, kehutanan, hidrografi, dan berbagai bidang lainnya.

Dalam rangka mengenalkan prodi baru tersebut maka diselenggarakan pameran dengan mengundang berbagai stakeholder yang menjadi pengguna lulusan prodi teknik geomatika ke depannya, serta pelaku usaha bidang survei pemetaan dan penyedia peralatan dan teknologi survei pemetaan. Sebanyak kurang lebih 300 peserta memadati auditorium pada hari itu. Sementara untuk peserta pameran kurang lebih ada 21 peserta pameran.

Peserta pameran antara lain dari Leica, PT. Zi-Techasia Jakarta, PT Geotronik Pratama Indonesia, PT Wisesa Berkah Bumi, PT Asaba, PT Geosolution Pratama Nusantara, PT Geospasial Wahana Jaya, PT Geomosaik Indonesia, Laboratorium KKP Teknik Geomatika ITS, dan Laboratorium Hidrologi Teknik Geomatika ITS.

Kepala BIG, Hasanuddin Zainal Abidin terlihat berkeliling mengunjungi stand pameran pada awal acara dengan didampingi oleh Rektor Unitomo Bachrul Amiq, dan Kaprodi Teknik Geomatika Fakultas Teknik Unitomo, Yunus Susilo. (LR)