Badan Informasi Geospasial

Bersama Menata Indonesia yang Lebih Baik

Pupuk Etika dan Profesionalisme CPNS BIG Sejak Dini

Dalam rangka Orientasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Badan Informasi Geospasial (BIG) Tahun 2019 yang bertemakan Creating Future Leader, maka diselenggarakan seminar kreatifitas.  Seminar berlangsung pada hari Kamis, tanggal 1 April 2019, dengan narasumber dari Kementerian Sekretariat Negara RI, Sandra Erawanto. Materi yang disampaikan terkait Citra Diri Positif dan Etika Profesionalisme Aparatur Sipil Negara (ASN). “Etika tidak bisa dilepaskan dari kehidupan pergaulan manusia, baik dalam bermasyarakat, bersosialisasi, maupun bernegara. Sebagai ASN, tentunya perlu untuk bertindak secara profesional sesuai aturan kode etik profesi”, tuturnya.

Seminar yang bertempat di Aula Gedung S, Kantor BIG ini turut dihadiri oleh Kepala Bagian Kepegawaian dan Organisasi BIG, Abdurasyid. Dalam sambutannya, Abdurasyid menyampaikan “Semoga seminar ini dapat diimplementasikan bagi ASN, khususnya CPNS BIG dalam pelaksanaan tugas kedinasan dan kehidupan bermasyarakat”.

Sandra Erawanto, yang merupakan Widyaiswara Ahli Muda mengungkapkan bahwa etika sangat mempengaruhi kehidupan setiap manusia. Orang yang profesional dan beretika tentu akan lebih dihargai oleh masyarakat. Dinyatakan bahwa materi tentang etika, standar pelayanan, dan berpakaian tentunya sangat berguna, dan dapat diimplementasikan dalam bekerja nantinya.

Selain paparan materi, pada seminar ini juga diselingi permainan-permainan yang menarik. Salah satunya adalah permainan untuk mengetahui kepribadian, berdasarkan penelitian tentang otak kanan dan kiri. Permainan ini membuat seminar semakin santai dan mendekatkan antar pribadi para CPNS. Dalam seminar ini juga CPNS juga dapat langsung mempraktikkan apa yang sudah didapatkan.

“CPNS BIG harus menunjukan bahwa mereka adalah orang-orang pilihan terbaik BIG. Jadilah pribadi yang terbaik, jujur, rendah hati, jangan pelit ilmu dan tenaga. Wajahmu harus terlihat membahagiakan, perbanyaklah senyum karena kita hidup untuk melayani”, jelas Sandra Erawanto saat menutup seminar. Harapannya seminar ini dapat membentuk jiwa Profesionalisme CPNS BIG Tahun 2019 dalam bekerja dan beretika sesuai materi dan pengetahuan yang didapatkan hari ini. (KA/LR)