Jumat, 29 Maret 2024   |   WIB
en | id
Jumat, 29 Maret 2024   |   WIB
BIG Terima KKL Virtual Mahasiswa UHAMKA

(Cibinong, Berita Geospasial) - Pandemi Covid-19 yang melanda banyak negara di dunia, membawa manusia untuk beradaptasi dengan kebiasaan baru. Termasuk diantaranya adalah dalam kunjungan ke BIG. Kegiatan yang biasanya pengunjung datang langsung ke kantor BIG, menjadi kunjungan virtual karena pandemi ini.

Selasa 15 Desember 2020, BIG menerima Kuliah Kerja Lapangan Mahasiswa Prodi Pendidikan Geografi FKIP UHAMKA Jakarta yang dilaksanakan secara virtual melalui Zoom Meeting. Konsep acaranya webinar dengan menghadirkan pembicara dari BIG dengan peserta sekitar 55 orang. Peserta webinar merupakan dosen dan mahasiswa Prodi Pendidikan Geografi FKIP UHAMKA.

Di pembukaan, MB Ali Syaban selaku Kepala Prodi Pendidikan Geografi UHAMKA dalam sambutan pembukaannya menyebutkan bahwa peserta webinar ini adalah mahasiswa semester V yang ingin mengetahui segala informasi yang berkaitan dengan cara pengumpulan dan peralatan yang digunakan untuk pengumpulan data informasi geospasial.

Masuk ke acara webinar, Widyaiswara Utama BIG, Sugeng Prijadi hadir mempresentasikan materi berjudul "Badan Informasi Geospasial (Penyelenggara Informasi Geospasial Dasar)”. Selain menjelaskan tentang Tupoksi BIG, Sugeng menjelaskan tentang status IGD, IGT dan IGT di Indonesia.

"Silakan jikalau mahasiswa Prodi Pendidikan Geografi UHAMKA mau magang atau memerlukan data-data penelitian untuk menyusun skripsi untuk mengajukan ke BIG. Data-data IG di BIG banyak tersedia, harus dimanfaatkan untuk pembangunan yang berkelanjutan", ungkapnya.

Penjelasan Sugeng dari akar ke daun tentang IG memantik minat dosen dan mahasiswa Prodi Pendidikan Geografi UHAMKA untuk bertanya. Mereka mendapatkan banyak informasi terkait IG dan BIG beserta perannya mendukung pembangunan yang berkelanjutan di Indonesia. (ATM)