Jumat, 14 Juni 2024   |   WIB
en | id
Jumat, 14 Juni 2024   |   WIB
Perkuat Literasi Geospasial, SMK Sandikta Kunjungi BIG

Cibinong, Berita Geospasial - Badan Informasi Geospasial (BIG) menerima kunjungan 104 siswa SMK Sandikta Kota Bekasi pada Selasa, 21 Mei 2024. Mereka menyambangi BIG untuk belajar tentang Informasi Geospasial (IG), khususnya pemetaan.

Agung Teguh Mandira, mewakili Pusat Penelitian Promosi dan Kerja Sama (PPKS) BIG, berharap siswa dapat memanfaatkan kunjungan ini untuk lebih mengenal dan belajar tentang IG. “Semoga ilmu yang didapatkan hari ini dapat bermanfaat bagi kalian di masa depan," ujarnya.

Perwakilan SMK Sandikta, Andriyanto, menyampaikan bahwa kunjungan ini merupakan bagian dari program sekolah untuk memberikan gambaran nyata mengenai pemanfaatan IG. “Dengan kunjungan ini diharapkan para siswa mendapatkan gambaran nyata proses kerja sesuai dengan materi pelajaran,” ungkapnya.

Mengawali sesi materi, peserta mendapatkan pengetahuan tentang peran serta tugas BIG dari Nurmitha Atmia, perwakilan Pusat PPKS BIG. Dijelaskan bahwa sesuai dengan ketentuan perundang-undangan, BIG bertugas menyelenggarakan tugas pemerintahan di bidang Informasi Geospasial yang meliputi Informasi Geospasial Dasar (IGD), Informasi Geospasial Tematik (IGT), dan Infrastruktur Informasi Geospasial (IIG).

“Singkatnya, BIG yang bertugas membuat peta di Indonesia,” ujar Nurmitha.

Selanjutnya, materi disampaikan oleh Roza Oktama dari Pusat Pemetaan Rupabumi dan Topinim (PPRT) BIG yang menjelaskan mengenai Peta Rupabumi Indonesia. Ia menjelaskan, saat ini BIG sedang melaksanakan pemetaan skala besar.

“Hasil dari pemetaan ini bermanfaat untuk rencana detail tata ruang, sebagai dasar penyedia jasa berbasis lokasi, digunakan untuk menganalisis rute, dan menjadi dasar dalam pengaplikasian konsep smart city,” jelas Roza.

Materi terakhir disampaikan oleh Yudha Setya Nugroho dari Pusat Pengelolaan dan Penyebarluasan Informasi Geospasial (PPPIG) BIG mengenai Pengenalan Berbagai Pakai Data dan Informasi Geospasial. Ia menuturkan bahwa spasial memiliki arti suatu objek yang mencakup lokasi, letak, dan posisi.

“Geospasial adalah objek yang menunjukkan lokasi, letak, dan posisi yang berada di bawah, pada, atau di atas permukaan bumi yang dinyatakan dalam sistem koordinat tertentu. Untuk mendapatkan Informasi Geospasial secara gratis dapat mengakses website tanahair.indonesia.go.id,” tutup Yudha.

Kunjungan ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang komprehensif terkait IG, sekaligus dapat meningkatkan geoliterasi dan menumbuhkan kesadaran akan pentingnya IG yang akurat. (SMN/NIN)