Jumat, 14 Juni 2024   |   WIB
en | id
Jumat, 14 Juni 2024   |   WIB
Perkuat SDM IG, BIG Gelar Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabfung

Cibinong, Berita Geospasial – Seiring dengan adanya kebutuhan jabatan fungsional (jabfung) sesuai dengan jumlah dan formasi jabatan di BIG, perlu ada beberapa penyesuaian yang harus segera dilaksanakan. Salah satunya melalui pelantikan dan pengambilan sumpah jabfung yang dilaksanakan pada Selasa, 21 Mei 2024, bertempat di Balai Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) BIG, Kantor BIG, Cibinong.

“Terima kasih atas dedikasi selama ini dan selamat atas jabatan baru. Tentu jabatan baru membawa konsekuensi pada tugas dan tanggung jawab baru. Mari kita melaksanakan dengan sebaik-baiknya. Orangnya orang lama, tapi tugasnya tugas baru. Sehingga nanti mohon menyesuaikan dengan tempat anda berada,” ujar Kepala BIG Muh Aris Marfai pada sambutannya setelah melantik dan mengambil sumpah jabfung.

Sebanyak tiga pengangkatan dilakukan pada hari itu, yaitu pengangkatan dalam jabfung widyaiswara melalui perpindahan jabatan kepada Budi Parjanto, pengangkatan dalam jabfung surveyor pemetaan (surta) melalui perpindahan jabatan kepada Bisma Jaja Zakaria, dan pengangkatan dalam jabfung pranata komputer (prakom) melalui perpindahan jabatan kepada Agung Nugraha. Selain itu, dilaksanakan pula pemberhentian dari jabatan administrator Kepala Balai Diklat BIG kepada Budi Parjanto.

“Pelantikan ini tujuannya adalah untuk memenuhi kebutuhan pegawai pada unit kerja di BIG sesuai jabfung tertentu. Selain itu, karena adanya kebutuhan akan jabfung widyaiswara, maka dilaksanakan pelantikan jabfung widyaiswara ahli madya sesuai kualifikasi dan kompetensi,” jelas Akhmad Yulianto Basuki, Kepala Biro Perencanaan, Kepegawaian dan Hukum (PKH) BIG.

Ahmad kemudian menambahkan bahwa pelantikan jabfung juga penting dilakukan, salah satunya adalah untuk menunjang karir pegawai dan pemenuhan kebutuhan pegawai sesuai formasi jabatan.

“Kami dari Biro PKH mendorong seluruh pegawai BIG untuk memiliki jabfung, supaya karirnya bisa berkembang dan meningkat lebih tinggi. Dengan adanya jabfung yang menjadi kebutuhan dalam mendukung pelaksanaan kegiatan di BIG, seperti jabfung surta dan prakom misalnya, akan menjadi punggawa-punggawa untuk membangun BIG ke depannya,” tutur Akhmad.

Akhmad juga menekankan bahwa BIG, melalui Biro PKH, mendorong pegawai BIG dapat memiliki karir tertinggi sesuai kualifikasi dan kompetensi melalui pembinaan pegawai atas jabfung yang diemban.

Pada kesempatan tersebut, Akhmad menjadi saksi pelantikan bersama dengan Suprajaka, Kepala Pusat Penelitian, Promosi dan Kerja Sama (PPPKS) BIG. Pelantikan dan pengambilan sumpah jabfung berlangsung khidmat dengan dihadiri 20 orang undangan. (LR/MN)