Jumat, 03 Mei 2024   |   WIB
id | en
Jumat, 03 Mei 2024   |   WIB
Wamen ATR/BPN Temui Kepala BIG Bahas KSP

Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/ Badan Pertanahan Nasional (BPN) Surya Tjandra menemui Kepala Badan Informasi Geospasial (BIG) Hasanuddin Zainal Abidin di Kantor BIG, Cibinong, 11 Maret 2020. Menurut Surya, Kementerian ATR/BPN perlu meningkatkan kerja sama dengan BIG. Banyak pekerjaan di Kementerian ATR/BPN yang beririsan dengan pekerjaan BIG.

“Kita perlu bekerja sama, ATR BPN punya kepentingan terhadap peta dasar yang dihasilkan BIG. Bagaimana kita bisa berbagi beban. Ini akan jadi pondasi yang sangat baik bagi masa depan Indonesia,” jelas Surya.

Dalam pertemuan tersebut, Kepala BIG Hasanuddin Zainal Abidin menyampaikan Percepatan KSP dapat dilaksanakan dengan mengajak mitra pemerintah, termasuk swasta untuk turut berpartisipasi.

“Perlu disusun regulasi yang mengatur tata cara penyerahan peta yang disusun oleh swasta. BIG dapat membuat standar pemetaan supaya peta-peta tersebut dapat melengkapi Kebijakan Satu Peta,” jelas Hasanuddin.

Selain membahas KSP, dibahas pula hasil Rapat Terbatas mengenai langkah-langkah percepatan pemetaan batas administrasi desa termasuk payung hukum yang dibutuhkan supaya peta adminsitrasi batas desa selesai sesuai target. (MAD)